sekarang saya ingin memposting tugas makalah Sistem Berorientasi Objek (SBO) tentang Pengertian Software Komputer. silahkan disimak, semoga bermanfaat bagi kita semua. :)
BAB 1
PENDAHULUAN
I.
Latar Belakang
Pada saat ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat.Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat jaman dahulu kala teknologi sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan.
Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita temukan adalah
komputer.Sekarang komputer sangat berkembang pesat hampir setiap tahun komputer
selalu mengalami perkembangan.Sedangkan model dan design dari komputer itu
sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan komputer
maka hanya bisa dikantor atau dirumah, tetapi sekarang mereka bisa menggunakan komputer
tersebut dimana saja yang mereka inginkan.
Software yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus – ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya komputer elektrik yang menerapkan sistem aljabar Boolean.
II.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui perkembangan teknologi dari pertama ditemukan sampai sekarang.
2. Meningkatkan
ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi informasi khususnya komputer.
3. Untuk
mengetahui jenis jenis komputer yang lebih canggih dan memiliki mutu yang lebih
tinggi agar dapat dimanfaatkan dengan efektif dan efisien.
4. Memajukan
daya pikir manusia agar menciptakan pola pikir inovatif dan kreatif.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN SOFTWARE
Software disebut dengan
perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh
mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya.perangkat lunak ini merupakan
catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta
arsip lainnya.
Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya.Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah sistem operasi, program, dan data.Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
Kebanyakan masyarakat saat ini membagi komputer menjadi dua bagian .Bagian pertama adalah hardware yang merupakan perangkat fisik yang ada di dalam komputer. Dan bagian yang kedua adalah software komputer, yang memberitahukan hardware mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Apabila diibaratkan bahwa komputer adalah makhluk hidup, maka hardware adalah tubuhnya seperti mata untuk melihat, paru-paru untuk bernapas dan bagian tubuh lainnya, sedangkan perangkat lunak atau software diibaratkan sebagai kepintarannya, seperti memproses gambar yang dilihat mata, memerintahkan tangan untuk mengangkat objek, dan memaksa tubuh untuk menarik nafas dengan menggunakan paru-paru. Hardware Komputer, menjadi bagian dari mesin, dan hanya mengerti dua konsep dasar yaitu menyala (on) dan mati (off), konsep on dan off tersebut dinamakan binary. Software komputer dikembangkan agar binary dapat menjadi jalan untuk memberitahukan komputer hardware dalam melakukan tugasnya. Software Komputer menterjemahkan dan mengarahkan pengguna komputer agar mengerti mengenai apa yang dapat dilakukan oleh komputer hardware.
Sebagian besar dari
software komputer dibuat oleh programmer dengan menggunakan bahasa
pemrograman.Programer menuliskan perintah dalam bahasa pemrograman seperti
layaknya bahasa yang digunakan oleh orang pada umumnya dalam melakukan
perbincangan.Perintah-perintah tersebut dinamakan “Source Code”.Program
komputer lainnya dinamakan Compiler yang digunakan pada source code, dan
kemudian mengubah perintah tersebut ke bahasa yang dapat dimengerti oleh
komputer.Dan hasilnya dinamakan program executable (EXE).Software komputer
dibagi menjadi dua kategori utama yaitu sistem software dan software
aplikasi.Sistem software menyajikan program yang dapat mengijinkan hardware
berjalan dengan semestinya.Software aplikasi menyediakan program yang
mengijinkan pengguna untuk melakukan sesuatu disamping menjalankan hardware.
a. JENIS SOFTWARE
Secara tak sadar,
ketika kita menggunakan komputer, sebenarnya kita telah menggunakan software.Software
atau perangkat lunak adalah semua program yang digunakan untuk menjalankan
komputer atau perangkat lainnya.Secara umum, ada dua jenis software.Pertama
adalah software aplikasi.Software aplikasi adalah software yang dibuat untuk
tujuan atau kepentingan spesifik, contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp
untuk memutar file audio, dan sebagainya.Kedua adalah software sistem. Software
sistem adalah software yang menjadi tempat semua software aplikasi berjalan
.Contohnya adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.
Menurut cara memperolehnya, software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis pertama adalah freeware.Software yang bersifat freeware dapat digunakan tanpa biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta pengguna. Maksudnya, meskipun kita menggunakan freeware tersebut kita tidak boleh melanggar hak cipta atas software tersebut, misalnya penggandaan untuk orang lain atau menggunakan software tersebut untuk kepentingan lain. Biasanya freeware didistribusikan tanpa disertai dengan kode program yang bersangkutan.Lalu jika kita tidak perlu membayar.
b. IDENTIFIKASI JENIS-JENIS SOFTWARE
APLIKASI
1.
Sistem Operasi
Sistem operasi
merupakan sofware yang pertama kali dibaca oleh komputer pada saat booting
sebagai dasar pengoperasian komputer.Terdapat 2 jenis sistem operasi
berdasarkan tampilan antarmuka kepada penggunanya (user interface) yaitu yang
berbasis CUI (Character User Interface) dan berbasis GUI (Graphical User
Interface). Sistem operasi berbasis CUI, misalnya : DOS (Disk Operating Sistem)
dan Sistem Operasi UNIX dan Linux pada mode terminal atau konsol. Sedangkan
sistem operasi berbasis GUI, misalnya : Microsoft Windows 9x, 2000, NT, XP,
serta sistem operasi UNIX dan Linux yang telah mendukung GUI.
2.
Program Bantu dan Program Tambahan
Program bantu (utility)
merupakan program yang digunakan untuk mengisi kekurangan atau menampilkan
kembali file suatu sistem operasi yang terhapus. PC Tools dan Norton Utilities
merupakan contoh dari program ini.Salah satu dari kelemahan DOS adalah tidak
mampu bekerja di sistem jaringan.Oleh karena itu beberapa perusahaan membuat
program tambahan yang dapat mengubah sistem DOS tersebut (single user atau
stand alone system) menjadi sistem operasi yang dapat digunakan oleh banyak
pemakai (multiuser).Netware, Token R ing dan Lantastic merukan contoh-contoh
program ini.
3.
Bahasa Komputer (Computer Language)
Computer Language merupakan bahasa
yang digunakan untuk membuat program komputer.Disebut bahasa karenacomputer
language memiliki kosa kata dan tata bahasa yang harus ditaati oleh pemakainya.
Yang termasuk dalam
jenis ini adalah :
a. Low Level Language, merupakan bahasa
tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh
pembuatnya. Yang termasuk program ini adalah bahasa mesin assembly language
b. High Level Language, merupakan bahasa
tingkat tinggi karena menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Contoh dari
program ini adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dsb.
Ada
pula beberapa tipe software, diantaranya :
a. Software
Games
Jenis software ini termasuk dalam
kategori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam
jenis.Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games),
first-person shooters, action games, roleplaying games, and game petualangan.
b. Software
Driver
Program ini mengijinkan komputer untuk
dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner,
dan video cards.
c. Software
Pendidikan
berbeda dengan jenis program sebelumnya,
software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan
aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan
lainnya seperti kimia.
d. Media
player dan pengembangan software media lainnya
Software yang dibuat untuk dapat
memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
e. Software
Produktifitas
Jenis software ini mengijinkan pengguna
untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan
aktifitas produktif lainnya.Contoh dari software ini adalah software pengolah
huruf (Ms Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa
software lainnya.
f. Operating
sistem
software yang merupakan sumber dari
software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh
dari software operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux,
Apple, Machintos dll, dan pada software inilah program aplikasi lainnya di
install.
g. Software
Aplikasi
Software yang diinstal pada komputer
yang sesuai dengan os yang ada, dimana software aplikasi ini diinstal sesuai
dengan kebutuhan User (Pengguna) contohnya, MS Office (Ms Word, Ms Excell, Ms
Power Point dll), Software Grafis (Adobe Photoshope, Corel Draw, Autocad dll)
h. Software
Program
Software yang berfungsi untuk membuat
aplikasi-aplikasi program (Membuat Program baru) seperti program Games, Program
data Base, Program Web dll, Contoh Software Program : Visual Basic, Cobol, C++,
Program PHP dll
i.
Software Aplikasi Tools
Program-program yang berfungsi untuk
mempercepat, memperbaiki, dan mempermudah pengoperasian computer
B. Bahasa Pemograman
1.
Pemrograman Prosedural (Procedural
Programming)
· Algoritma berisi urutan langkah-langkah
penyelesaian masalah. Ini berarti algoritma adalah proses yang procedural.
·
Defenisi procedural adalah :
1.
Tahap-tahap kegiatan untuk menyelesaikan
suatu aktivitas
2.
Metode langkah demi langkah secara eksak
dalam memecahkan suatu masalah
· Pada pemrograman procedural, program
dibedakan antara bagian data dengan bagian instruksi. Bagian instruksi terdiri
atas runtutan instruksi yang dilaksanakan satu persatu secara berurutan oleh
pemroses. Alur pelaksanaan instruksi dapat berubah karena adanya pencabangan
kondisional. Data yang disimpan didalam memori dimanipulasi oleh instruksi
secara beruntun atau procedural. Paradigma pemrograman seperti ini dinamakan
pemrograman procedural.
· Bahasa-bahasa tingkat tinggi seperti
Cobol, Basic, Pascal, Fortran, dan C. mendukung kegiatan pemrograman
procedural, karena itu mereka dinamakan juga bahasa procedural.
2.
Pemrograman Terstruktur (Structured
Programming
· Bahasa pemrograman terstruktur adalah
bahasa pemrograman yang mendukung pembuatan program sebagai kumpulan prosedur.
Prosedur-prosedur ini dapat saling memanggil dan dipanggil dari manapun dalam
program dan dapat menggunakan parameter yang berbeda-beda untuk setiap
pemanggilan.
· Prosedur adalah bagian dari program
untuk melakukan operasi-operasi yang sudah ditentukan dengan menggunakan
parameter tertentu.
· Bahasa pemrograman terstruktur adalah
pemrograman yang mendukung abstraksi data, pengkodean terstruktur dan kontrol
program terstruktur.
3.
Pemrograman Modular(Modular Programming)
· Program-program yang besar cenderung
sulit terutama karena kompleksitas dari program tersebut, dan banyak bagian dengan
hubungan yang rumit dan detail yang sebenarnya tidak perlu. Salah satu metode
dalam penyusunan program terstruktur adalah pemrograman modular. Dalam
pemrograman modular, program dipecah-pecah ke dalam modul-modul, dimana setiap
modul menunjukkan fungsi dan tugas tunggal. Dengan membagi masalah ke dalam
modul-modul, maka masalah akan menjadi sederhana sehingga program dapat lebih
mudah disusun dan dipahami.
4.
Pemrograman Fungsional (Functional
Programming)
· Suatu bahasa dimana ekspresi disusun
atas fungsi panggilan (bukan pernyataan). Fungsi: perintah-perintah yang
terkumpul menjadi satu dan dapat menghasilkan suatu nilai.
· Disebut bahasa pemrograman fungsional
karena memang pada program seluruh kodenya berupa fungsi-fungsi. Bahasa
pemrograman fungsional merupakan salah satu bahasa pemrograman yang
memperlakukan proses komputasi sebagai evaluasi fungsi-fungsi matematika.
5. Pemrograman
Berorientasi Objek (OOP/Object-Oriented Programming)
· Object / Objek : Elemen yang memiliki
fungsi, metode, karakteristik tertentu yang dapat dibedakan dalam dunia nyata.
· Merupakan bahasa pemrograman yang mampu
memanfaatkan objek-objek yang tersedia atau membuat suatu objek tertentu dengan
menggunakan bahasa pemrograman.
6. Pemrograman
Visual
· Bahasa visual adalah himpunan simbol-simbol
grafis dan teks yang mempunyai arti semantik dan digunakan untuk menyelesaikan
masalah komunikasi di dunia.
7. Pemrograman
Even-Driven (Even-Driven Programming)
Menggunakan konsep “Jika sebuah aksi /
perintah dilakukan terhadap sebuah objek, apa yang akan terjadi / dilakukan oleh
objek tersebut selanjutnya.” Sangat fleksibel dalam pembuatan koding program,
karena sudah menggunakan konsep OOP dimana pemrograman dapat dimulai dari objek
yang diinginkan tanpa harus terurut.
Berikut adalah macam bahasa pemrograman lain yang perlu diketahui.
1. Bahasa
Pemrograman HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah
sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan
menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.HTML saat ini
merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya
oleh World Wide Web Consortium (W3C).HTML berupa kode-kode tag yang
menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang
diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan
menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet
Explorer.
2. Bahasa
Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script
yang paling banyak dipakai saat ini.PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf
pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang
wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari
web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak
tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada
sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
3. Bahasa
Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server
Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman
web yang dinamis.ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh
Microsoft.ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.
4. Bahasa
Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah
bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan
berbagai macam data.XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun
penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan
suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.
5. Bahasa
Pemrograman WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless
Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi
berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).WML ini adalah bahasa pemrograman
yang digunakan dalam aplikasi wireless.WML merupakan analogi dari HTML yang
berjalan pada protocol nirkabel.
6. Bahasa
Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk
mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk
sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.
PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.
7. Bahasa
Pemrograman CFM
CFM dibuat menggunakan tag ColdFusion
dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax
coldfusion berbasis html.
8. Bahasa
Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang
handal yang berjalan pada sisi client.
JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.
JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.
9. Bahasa
Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah
suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang
ditulis dalam bahasa markup.
C. Structured Programming
Sturctured
programming berurusan dengan penggunaan blok sturktur, state procedure call,
dan beragam konstruksi loop yang sesuai. Ide yang cukup jelas untuk memberikan
pengetahuan/pengertian terhadap flow kontrol program dengan mudah, agar program
disusun secara terstruktur dan transparan. Penulis berpendapat bahwa ide dari
structured programming telah terintegrasi pada semua metodologi yang muncul
setelahnya.
D.
Object
oriented Programming
Metodologi
Object Oriented Programming (OOP) berkembang dari ide structrured
programming.OOP mengatur komplesitas software dengan memaketkan kode dan data
yang biasa digunakan bersama. Biasanya kita samakan dengan object pada dunia
nyata. pada OOP, kita kadang kadang memodelkan object dunia nyata(ex: menulis
program simulasi, ketika pertamakali konsep OOP dikembangkan) sebagai object
software dan juga sebagai model benda non-material seperti prosess, cara
mengorganisasi informasi dan lain sebagainya sebagai object software.
Daftar Pustaka
www.kedaisoftware.com
www.ilmukomputer.com
www.softwareinstalasi.blogspot.com
www.anneahira.com/komputer/software-komputer.htm
www.cs.ucl.ac.uk/teaching/syllabus/ug/1b12.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar