Sabtu, 18 Februari 2012

Tugas 1 Business Intelligence

1. Buat salah satu contoh Implementasi Business Intelligent di Industri  !

Pengembangan BI di PT Bursa Efek Surabaya (BES)

a.      Latar Belakang Pengembangan BI
Sejak tahun 1997 BES telah mengembangkan pasar obligasi yang dimulai dengan memfasilitasi pasar secara OTC (Over-The-Counter) dengan sistem yang dinamakan OTC-FIS (Over-The-Counter Fixed Income Securities). Program tersebut dilanjutkan di tahun 2003 dengan bekerjasama dengan Asosiasi Dealer dan Pemerintah dalam program buyback dan dilanjutkan pada tahun 2005 dengan meluncurkan transaksi bursa obligasi. Dengan demikian peran BES dalam mengembangkan pasar obligasi semakin penting yang kemudian membuat BES ditunjuk Bapepam-LK sebagai Penerima Laporan Transaksi Obligasi (PLTO).
Tugas tersebut membuat semakin banyaknya data yang akan dikelola oleh BES. Tantangan selanjutnya adalah bagaimana mengelola dan mengolah data tersebut menjadi informasi yang bermanfaat bagi stakeholder. Selain dibutuhkan oleh regulator (Bapepam-LK) dalam melihat profil pasar dan menjadi referensi dalam menentukan kebijakan, data maupun informasi tersebut memiliki nilai jual kepada para pelaku pasar. Oleh karenanya Divisi Riset BES menyadari adanya tantangan untuk pengelolaan informasi dan analisis data transaksi obligasi yang lebih baik.

b.      Bentuk Pengembangan
Pengembangan sistem dimulai dari Divisi Riset BES yang menyampaikan spesifikasi bisnis atas sistem/aplikasi yang diminta. Kemudian Divisi TI melakukan analisis atas kebutuhan tersebut dan melakukan pengkajian atas beberapa alternatif solusi. Terdapat dua pilihan waktu itu : menggunakan aplikasi Reporting dan Business Intelligence (BI). BES memilih aplikasi BI karena memiliki fitur yang lebih banyak (bahkan fitur reporting sudah termasuk di dalamnya) walaupun BI membutuhkan biaya yang lebih besar daripada aplikasi reporting.
Selanjutnya disusun analisis cost and benefit terhadap dua pilihan tersebut dan akhirnya walaupun membutuhkan biaya yang lebih besar dalam jangka menengah dan panjang, aplikasi BI dinilai jauh lebih bermanfaat. Aplikasi BI ini nantinya tidak hanya digunakan terbatas di Divisi Riset untuk mengolah data perdagangan obligasi, namun dapat digunakan oleh Divisi Pencatatan untuk mengolah data Emiten. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk memantau kondisi finansial perusahaan, yang berarti menjadi sentral informasi dalam proses pengambilan keputusan.
Divisi TI menjadi fasilitator dalam kegiatan pengembangan dengan menyediakan perangkat server dan personil yang mengerti akses informasi dan desain basis data. Sebagian besar kegiatan pengembangan dilakukan oleh vendor (outsourcing). Sedangkan ujicoba dan acceptance dilakukan oleh user (Divisi Riset).
Adapun tahapan pengembangan tersebut melalui lima tahapan sebagai berikut:
         o Business understanding (pemahaman kebutuhan pengguna)
         o Data understanding (pemahaman kondisi data yang dimiliki)
         o Data preparation (melakukan penyesuaian data untuk memenuhi kebutuhan)
         o Modelling assessment (memilih model yang akan digunakan)
         o Review and evaluasi (upaya meningkatkan value atas sistem)

c.       Manfaat yang Diperoleh
Manfaat utama dari penerapan BI adalah sistem ini sangat berorientasi pada user. Artinya keterlibatan personil TI dalam proses pengolahan data menjadi minimal karena seluruh proses pembuatan report maupun distribusinya dapat dilakukan oleh user. Produktivitas user juga menjadi meningkat karena dapat menyelesaikan tugas beragam output tanpa banyak bergantung kepada personil TI. Dibandingkan dengan cara lama yang menggunakan MS Excel, user dapat menghasilkan lebih banyak informasi dan dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

d.      Aspek-aspek yang Diperhatikan
Dalam mengembangkan dan memanfaatkan BI di BES, beberapa hal yang mendapatkan perhatian saat itu adalah sebagai berikut:
·         Proyek dimulai dari lingkup yang kecil namun memiliki value yang tinggi sehingga dapat dikembangkan dalam waktu yang tidak terlalu lama dan hasilnya dapat dilihat sebagai contoh untuk penerapan di lingkup yang lain.
·         Produk BI yang dipilih harus memiliki fitur yang lengkap namun memiliki skema investasi yang fleksibel. Artinya dengan investasi yang tidak terlalu besar sudah dapat memulai produk BI.
·         Dukungan vendor lokal yang baik atas produk BI tersebut.
·         ”Kebersihan” data yang akan digunakan oleh BI. Prinsip ”garbage in garbage out” benar-benar perlu diperhatikan.
·         Komitmen dari user untuk terlibat aktif baik dari tahap desain maupun dalam operasionalnya merupakan kunci utama keberhasilan karena aplikasi BI didesain berorientasi kepada user dengan minimal keterlibatan dari personil TI. Hal ini dapat dicapai dengan program training yang baik untuk user. 

2. Buat analisis singkat software open source Business Intelligent !

JasperSoft adalah sumber intelijen bisnis perangkat lunak terbuka. JasperSoft memiliki serangkaian produk intelijen bisnis yang disebut JasperIntelligence. JasperIntelligence adalah intelijen bisnis platform yang menyediakan lingkungan layanan berbasis web untuk pelaporan, analisis data ( OLAP ) dan integrasi data. Produk inti adalah JasperReports ada juga JasperServer, iReports untuk JasperReports, JasperAnalysis dan JasperETL, semua ini secara singkat dijelaskan di bawah ini:

JasperReports adalah library java pelaporan. JasperReports dapat membuat laporan dari aplikasi pihak ke-3 (misalnya SugarCRM ), database relasional atau data mart. Output Format termasuk PDF, HTML, XLS, CSV, RTF (Word), TXT dan file XML. Microsoft Excel dapat digunakan untuk lebih memanipulasi data jika diperlukan. Grafik dapat juga dibuat dengan bor penuh ke bawah kemampuan.

JasperServer adalah server laporan yang dapat mengotomatisasi pengiriman laporan secara on-demand atau dijadwalkan. Hal ini juga memungkinkan akses, melalui antarmuka web browser, untuk pengguna non teknis untuk browsing dan mengedit laporan melalui laporan Jasper dan terintegrasi alat desain visual.

iReport Designer untuk JasperReports

iReport adalah alat pelaporan visual berdasar pada JasperReports ditulis dalam 100% murni java. Anda dapat mengatur grafik, gambar, subreports etc.It mendukung output dalam PDF, RTF, XML, XLS, CSV, HTM.
Ada juga dua lainnya Jasper produk direncanakan, ini adalah
·         JasperAnalysis - OLAP fungsi untuk memberikan (Excel) poros gaya (iris dan dadu)          pelaporan yang dapat disampaikan untuk pengguna non teknis melalui antarmuka web.
·         JasperETL (Extract, Transform, Load) - adalah alat integrasi data dan akan mengijinkan       beberapa sumber data untuk digabung sehingga laporan dapat dijalankan pada informasi digabungkan. 

 Jasperforge merupakan website komunitas open source tetapi masih dalam pengembangan tapi mudah-mudahan akan menjadi sumber yang baik.

Integrasi ke paket lain
  • Compiere (ERP) - Sourceforge proyek
  • SugarCRM
Ringkasan :

Versi saat ini
Jasper Laporan 1.2.4 

Landasan
Web Client / Browser
Firefox (semua platform Windows, Apple Mac dan Linux), Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator
Instalasi Server - Windows 2000/2003, Linux ( Solaris dan BSD ). Mac OSX juga harus bekerja
Aplikasi Server: Tomcat,. BEA Weblogic, IBM Websphere 

Semoga Bermanfaat.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar