Senin, 12 Maret 2012

Tugas 3 Business Intelligence

1. Jelaskan menurut pengertian anda sendiri, apa yang dimaksud dengan business intelligence?
Business Intelligence adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mengumpulkan, menganalisa, menyimpan serta menyediakan data-data dalam suatu perusahaan   atau organisasi kedalam bentuk pengetahuan, kemudian pengetahuan tersebut untuk mendukung keputusan dan perencanaan.
2. Sebutkan 4 komponen utama BI dan jelaskan kegunaan masing-masing komponen
Business Inteligence terdapat 4 komponen utama yang diantaranya:
  • Data warehouse adalah kumpulan dari komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mendapatkan analisa yang lebih baik dari data yang berjumlah sangat besar sehingga dapat membuat keputusan yang baik. manfaat atau kegunaan dari data warehouse ialah: memahami trend bisnis dan membuat perkiraan keputusan yang lebih baik dan menganalisa informasi mengenai penjualan harian dan membuat keputusan yang cepat dalam mempengaruhi performance perusahaan.
  • business analytics adalah suatu aplikasi yang menyediakan proses pengambilan keputusan dengan akses berbasis waktu dari berbagai sumber data. Pengguna dapat menggunakan Business intelligence untuk mengakses suatu dimensional data warehouse yang interaktif dengan memanfaatkan OLAP untuk proses slice dan dice, drilling up serta drilling down
  • user interface (dashboard) adalah satu kategori dari aplikasi business intelligence yang secara real time akan memonitoring berbagai informasi yang dibutuhkan oleh suatu organisasi atau perusahaan dengan berbagai macam format seperti graphical gadgets, typically
  • business performance management (BPM) adalah berfungsi menyediakan tool tool yang mereka butuhkan  untuk pengelolaan aplikasi mereka.
3. Apa kegunaan Data Warehouse bagi business intelligence?
Manfaat atau kegunaan dari data warehouse ialah: memahami trend bisnis dan membuat perkiraan keputusan yang lebih baik dan menganalisa informasi mengenai penjualan harian dan membuat keputusan yang cepat dalam mempengaruhi performance perusahaan.
4. Jelaskan tahapan-tahapan utama pengumpulan data pada Data Warehouse.
Dalam pengumpulan data terdapat 4 tahapan yang harus dilakukan yang diantaranya:
  1. Integrasi data
    Integrasi data adalah penggabungan datadari berbagai sumber penyimpanan datauntuk menjadi satu kesatuan data yang koheren.
  2. Reduksi data
    Teknik reduksi data diterapkan untuk memperoleh representasi tereduksi dari sejumlah data yang berimplikasi pada volume yang jauh lebih kecil.
  3. Pembersihan Data
    Proses ini merupakan tahapan pembersihan data, yaitu mengisi data yang hilang, mengatasi data yang kotor dan rusak, mengidentifikasi atau membuang data pencilan, memperbaiki data yang tidak konsisten.
  4. Transformasi data
    Transformasi data yaitu prosespengubahan data menjadi bentuk yang tepat.Proses ini dilakukan agar kondisi data tetapkonsisten dan dapat digunakan untuk proses.
5. Apa hubungan antara OLAP dan OLTP?
Online Transaction Processing Systems atau OLTP merupakan Sistem yang memproses suatu transaksi secara langsung (insert,update,delete) melalui komputer yang terhubung dalam jaringan.
Sedangkan OLAP (Online Analytical Processing Systems) adalah Sistem yang dibuat untuk membantu dalam perencanaan, memecahkan masalah dan mendukung keputusan.
         dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa keduanya merupakan sistem yang menggunakan suatu basis data.
6. Apa kaitan antara Data Warehouse, Data Mining dan Data Mart?
hubungan antara data warehouse, data mining, dan data mart ialah:
Data mining memerlukan data yang banyak untuk di analisa dan mendapatkan pattern2 tertentu, kemudian data dari data warehouse yang menyimpan banyak data. kemudian data warehouse menggunakan OLAP agar lebih cepat pemrosesannya.
Data warehouse merupakan suatu sistem yang mengkonsolidasikan data secara periodik dari sistem-sistem yang ada (OLTP) ke dalam suatu penyimpanan dimensional. Pada umumnya, data warehouse menyimpan data histori beberapa tahun dan diquery untuk keperluan business intelligence atau aktifitas analisis lainnya. Data warehouse diremajakan secara batch, tidak serta-merta setiap terjadinya transaksi pada sistem-sistem sumber tersebut.
Data warehouse sebagai sumber data pada data mining dan OLAP, bukanlah data mentah, data tersebut telah melalui preprocessing (akan diterangkan lebih lanjut di seri selanjutnya), yaitu cleaning, integrasi, dan konversi. Proses ini lebih dikenal dengan Extract – Transform – Load (ETL). Extract mengambil data dari bermacam-macam jenis dan sumber data, transform membuat perubahan yang meningkatkan kualitas data, load memasukkan data yang sudah diubah (transform) ke data warehouse. sedangkan data mart ialah suatu bagian pada data warehouse yang mendukung pembuatan laporan dan analisa data pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan.
7. Salah satu fitur Business Intelligence adalah business performance management, misalnya untuk melakukan monitoring.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan “dispersion” pada monitoring dan bagaimana cara mengukurnya.
Dispersion adalah penyebaran, yang dimaksud dengan dispersion pada monitoring adalah memonitor penyebaran suatu produk dalam perusahaan.
Cara mengukur dispersion yaitu :
a. Dengan cara menghitung berapa banyak variabilitas yang ada sekitar mean
b. dengan menggunakan deviasi standard
Semoga Bermanfaat :)
Referensi:
- www.blog.trisakti.ac.id/informazi/2011/10/04/arsitektur-business-intelligence-bi/
- www.fawatihus.blogspot.com/2011/02/implementasi-business-intelligence-pada.html
- www.mazhters.blogspot.com/2009/11/oltp-vs-olap.html
- www.blog.ub.ac.id/fiqi/2010/11/02/78/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar